Langsung ke konten utama

Hal unik di bali yang jarang diketahui


Selain Alam yang tak habis-habisnya untuk dapat dinikmati, Bali memiliki segudang cerita masyarakatnya yang memiliki hal unik yang membuat pengetahuan kita bertambah. Berikut merupakan beberapa hal unik yang jarang diketahui masyarakat diluar bali.


Daerah dengan tempat populasi anjing terbanyak


Anjing merupakan hewan yang tidak perlu diragukan kesetiaanya kepada majikannya, mungkin ini yang membuat masyarakat bali sangat senang dalam memelihara hewan yang satu ini. Hampir di setiap sudut wilayah bali kita dapat melihat hewan ini. saat berkunjung di pantai juga dapat melihat beberapa kawanan anjing sedang asik bermain.



Pohon kamboja di setiap rumah masyarakat Bali

 
Bagi masyarakat diluar Bali pasti melihat pohon kamboja sudah sangat meyeramkan karena selalu di identikan dengan hantu atau penunggunya,tetapi ini tidak berlaku bagi masyarakat Bali. Karena setiap rumah masyarakat Bali memiliki pohon kamboja dikarenakan sebagai syarat persembhayangan Agama Hindu. Sesuai yang semua orang ketahui bahwa di Bali masyarakatnya mayoritas memeluk Agama Hindu.



Memiliki Banyak Tanggal Merah/Hari Libur

Mungkin tidak banyak orang tau bahwa di Bali memiliki Tanggal merah setiap tahunnya, tetapi hari libur di Bali yang begitu banyak karena adanya acara-acara adat/keAgamaan. Masyarakat bali tidak memanfaatkan hari libur untuk bersantai bersama keluarga tetapi lebih banyak untuk mendekatkan ke Tuhan yang Maha Esa.


Peceraian dan Poligami yang sangat rendah

Tidak banyak masyarakat luar pulau Bali mengetahui bahwa di Bali sangat jarang terjadi poligami atau peceraian. Rendahnya tingkat poligami/peceraian didukung karena di Bali untuk melakukan adat istiadat suatu pernikahan sangat panjang dan ribet. Itu yang menyebabkan pria/wanita yang ingin berpoligami berpikir ulang dan di Bali suatu peceraian itu merupakan hal yang sangat memalukan apabila terjadi.

Masyarakat Zaman dulu bertelanjang Dada

Sebelum daerah Bali mengenal Modernisasi masyarakatnya khususnya kaum Wanita bertelanjang dada, merupakan hal biasa untuk masyarakat Bali zaman sekarang karena itu dulu adalah adat yang ada di pulau Bali.



Berikut merupakan beberapa Hal unik yang ada di Pulau Bali. Semoga dapat menambah wawasan para pembaca.




BACA JUGA ARTIKEL KAMI LAINNYA:

KULINER BALI

TEMPAT WISATA DI BALI

KHAS BUDAYA BALI

5 TARIAN KHAS BALI YANG POPULER





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Tarian Khas Bali yang populer

Tarian merupakan satu budaya yang tidak bisa terlepas dari masyarakat bali. Sedari kecil setiap ana diajarkan kesenian tari yang banyak jenisnya. Kali ini saya akan membahas jenis-jenis tarian yang populer di masyarakat Bali yang perlu kamu ketahui. 1.Tari Pendet   Tari yang satu ini sangat sering ditampilkan dibeberapa event dan acara adat masyarakat bali. Tari ini pertama kali diperkenalkan oleh 2 tokoh yaitu I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng pada tahun 1950. Tarian ini mempunyai arti penting yaitu penyambutan atas turunnya Dewata ke Dunia 2.Tari  Legong   Tari ini merupakan sebuah gerakan yang diiringi dengan lantuman gamelan yang    dibunyikan. Setiap pementasan selaau menggunakan kipas sebagai alat propertinya. Tarian ini diciptakan pada abad ke 19 paruh kedua di keraton keraton 3.Tari Kecak  Siapa yang tidak mengenal tarian satu ini. Tarian yang sangat populer di telinga masyarakat sebagai satu tarian yang identik di Daerah Bali. Taria

5 Budaya Bali yang unik

Bali merupakan satu daerah Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri,khusunya adalah kebudayaan yang ada didalamnya. Berikut saya mengulas 5 keunikan Budaya bali yang tidak ada di daerah Indonesia lainnya. 1.UPACARA NGABEN Tradisi ngaben merupakan ajaran Agama Hindu yang bertujuan mensucikan arwah oraang sudah meninggal. Caranya adalah dengan membakar Jenazah yang diletakkan dalam sebuah wadah. setelah menjadi sebuah abu, dari pihak keluarga melarungkan ke laut atau sungai sebagai tanda menyerahkan kembali jiwa orang yang meninggal tersebut ke sang pencipta.  2.TRADISI MEKOTEK Tradisi ini berasal dari Desa Munggu. Ritual dimulai sesuasi hari raya Kuningan di Desa Munggu. warga Desa Munggu melakukan tradisi ini bertujuan menolak bala, menetralkan aura negatif,dan juga  mempersatukan umat 3.TRADISI MENGIBUNG   Tradisi ini ini adalah cara makan bersama teman atau kerabat yang dilakukan dalam satu wadah. Tradisi ini memberi banyak makna dalam hidup kebersamaan,